in

Ingin Dapat Skor Tinggi TPS UTBK? Pahami Dulu Tipe Soalnya!

Ayo raih skor tinggi TPS UTBK
Untuk mendapatkan skor tinggi TPS UTBK tidak bisa dengan sulap. Banyak hal harus kamu tahu dan siapin lho. Cek disini sebelum persiapan.

Pahami dan pelajari jenis-jenis soal dalam TPS agar kamu memperoleh skor tinggi sewaktu UTBK dan lolos SBMPTN di jurusan impian kamu

Wah, tidak terasa ya jika UTBK SBMPTN makin dekat saja. Bagaimana persiapan kamu ? Masih santai – santai apa sudah ngegas ?

Nah, buat kamu yang menargetkan perguruan tinggi negeri unggulan, pastikan nilai UTBK yang diperoleh di atas standar ya.  Kalau nilai kamu pas – pasan, aduh ribet dan susah mau milih jurusan apa juga.

Dalam ujian UTBK, kamu akan mengerjakan TKA (Tes Kemampuan Akademik) dan TPS (Tes Potensi Skolastik).

TKA berkaitan dengan materi-materi yang pernah diajarkan di bangku SMA. Baik kamu mengambil Soshum ( IPS ) atau Saintek ( IPA ).

Kemudian ada TPS. TPS merupakan soal-soal yang ditujukan untuk mengukur kemampuan kognitif, meliputi pemahaman atau penalaran umum terhadap informasi yang disajikan.

TPS walau kayanya mudah, sering juga bikin para peserta lengah. Terutama karena di banyak tipe soal TPS kamu dituntut membaca teks, tabel, diagram hingga grafik. 

Mengenal 5 Subtes Dalam TPS

Untuk mendapatkan skor tinggi TPS UTBK, mau gamau kamu harus menguasai setiap subtes yang ada.

Materi yang diujikan pada waktu TPS terdiri dari 5 subtes yang mana setiap subnya memiliki tujuan pengukuran masing-masing. Di antaranya: 

Penalaran umum 

Tipe soal penalaran umum bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta dalam penalaran dan kecakapan memahami dan menggunakan informasi untuk memecahkan permasalahan secara logis. 

Umumnya berupa soal cerita yang berisikan informasi maupun data dalam bentuk tabel, grafik, atau kurva. Dari informasi atau data tersebut, kamu dituntut untuk dapat mengolah atau menganalisisnya, agar memperoleh informasi yang tepat untuk menjawab permasalahan yang diajukan. 

Jumlah soal PU pada UTBK berkisar 10-13 soal.

Contoh soal Penalaran Umum Verbal :

Dunia bisnis di Indonesia diramaikan oleh para pengusaha muda yang menjalankan startup. Startup adalah perusahaan baru yang dicirikan oleh lamanya operasi kurang dari tiga tahun, jumlah karyawan yang sedikit, dan model bisnis yang belum menetap. Kemunculan startup terjadi seiring dengan kemajuan internet yang semakin pesat. Meskipun banyak bermunculan, tidak banyak startup yang mencapai kesuksesan. Kegagalan startup terjadi jika respons pasar terhadap produk atau jasa yang ditawarkan rendah. Respons pasar yang rendah ini terjadi apabila pengusaha memiliki pengetahuan yang kurang mengenai kebutuhan masyarakat. oada akhirnya, hanya pengusaha yang mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakatlah yang akan sukses menjalankan startup.

Berdasarkan bacaan tersebut, manakah simpulan berikut yang benar?

  • A. Sebuah startup mengalami kegagalan apabila pengusaha memiliki pengetahuan yang kurang mengenai kebutuhan masyarakat.
  • B. Sebuah startup mengalami kegagalan pengusaha memiliki pengetahuan yang tidak kurang mengenai kebutuhan masyarakat.
  • C. Sebuah startup tidak mengalami kegagalan apabila pengusaha memiliki pengetahuan yang kurang mengenai kebutuhan masyarakat.
  • D. Pengusaha memiliki pengetahuan yang kurang mengenai kebutuhan masyarakat apabila sebuah startup tidak mengalami kegagalan.
  • E. Pengusaha tidak memiliki pengetahuan yang kurang mengenai kebutuhan masyarakat apabila sebuah startup mengalami kegagalan.

Oh iya. Buat kamu yang mau menguasai TPS UTBK, ada eBook Soal & Pembahasan gratis dibawah ini.

eBook UTBK Gratis

Buat Yang Serius Mau eBook Soal UTBK

eBook akan kami kirimkan jika data diri kamu sudah tepat

Pengetahuan kuantitatif

Tipe soal satu ini bertujuan untuk mengukur kompetensi matematis para peserta, maka pola pikir yang terstruktur serta logis sangat diperlukan untuk dapat menyelesaikan soal-soal tipe ini.

Jadi, mau IPS atau IPA, untuk mendapatkan skor tinggi TPS UTBK, kamu juga harus mempersiapkan tes Kuantitatif sebaik mungkin.

Umumnya, soal-soal yang disajikan berupa peluang, statistika, logika, geometri, dan aljabar. Maka, mengingat materi pelajaran sewaktu SMA juga penting dalam mengerjakan soal-soal ini agar kamu bisa mendapatkan nilai tinggi. 

Apalagi jika bahasa Panda UTBK dimasukkan dalam tesnya nanti. Bakalan makin seru.

Contoh soal pengetahuan kuantitatif

Dua titik berbeda P dan Q terletak pada kurva bidang y = x2 – x + 2. Jika absis Q adalah 1, apa ordinat P?

Putuskan apakah pernyataan (1) dan (2) berikut cukup untuk menjawab pertanyaan berikut.

  • Garis-garis singgung kurva di P dan Q sangat tegak lurus
  • Gradient garis yang melalui P dan Q adalah -1.
  • A. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (2) SAJA tidak cukup.
  • B. Pernyataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (1) SAJA tidak cukup.
  • C. DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup.
  • D. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan (2) SAJA cukup.
  • E. Pernyataan (1) dan pernyataan (2) SAJA tidak cukup untuk menjawab pertanyaan

Jumlah soal PU pada UTBK berkisar 11-15 soal.

Pengetahuan dan pemahaman umum

Subtes selanjutnya yang harus kamu kuasai agar mendapatkan skor tinggi TPS UTBK adalah Pengetahuan dan Pemahaman Umum.

Tipe soal ketiga tidak jauh berbeda dengan tipe pertama. Hanya saja, di sini kamu akan dituntut untuk lebih jeli dalam membaca, memahami, serta mencermati isi bacaan yang disajikan.

Maka, tidak heran jika soal-soal yang diberikan untuk tipe ketiga lebih banyak berupa teks bacaan panjang yang menyimpan informasi-informasi penting. 

Selain itu, kamu juga perlu memperluas pengetahuan Bahasa Indonesia dengan menambah banyak kosakata, daftar antonim – sinonim.

Jumlah soal PPU pada UTBK berkisar 8-12 soal.

Contoh soal pengetahuan dan pemahaman umum

…. Banyak anak yang belum pernah melihat meja dan kursi. (12) Mereka menjadi tidak nyaman dalam belajar. (13) Oleh karena itu, para pengajar harus menyesuaikan diri dengan budaya masyarakat setempat. (14) Ada relativisme budaya pada kasus itu : apa yang dianggap baik belum tentu baik bagi masyarakat pedalaman.

Kata itu pada kalimat (14) merujuk …

  • A. Penyesuaian diri para pengajar dengan kebudayaan masyarakat pedalaman
  • B. Tidak nyamannya anak pedalaman belajar dengan peralatan dari kebudayaan lain
  • C. Meja dan kursi yang belum pernah dilihat dan digunakan anak-anak suku pedalaman
  • D. Faktor budaya yang menjadi keunikan pendidikan nonformal bagi suku pedalaman
  • E. Budaya masyarakat yang relatif sehingga belum tentu masyarakat pedalam dapat menikmati budaya itu

Pemahaman bacaan dan menulis

Di tipe soal keempat ini, bukan hanya kamu harus memahami informasi yang tersaji dalam paragraf teks panjang, tetapi juga menyusun kalimat yang baik, ringkas, dan sesuai EYD.

Maka, agar dapat menjawab soal-soal di sini, pengetahuan EYD perlu ditingkatkan lagi. Terlebih soal kosakata baru yang jarang dipakai di keseharian, antonim dan sinonim, serta idiom. 

Jumlah soal PBM pada UTBK berkisar 10-13 soal.

Contoh soal pemahaman bacaan dan menulis

(1) Bagaimana daun lontar diproses hingga menjadi media tulis naskah kuno Nusantara? (2) Daun lontar tua mengalami prosesn pemotongan, penjemuran, dan pengampalasan dengan serabut kepala hingga terlihat halus. (3) Pengeringan dan perebusan dilakukan dengan penambahan aneka ramuan hingga dipres dengan tekanan tinggi menjadi lembaran pipih. (4) Daun lontar potongan panenan kebun pun siap menjadi bagian dari karya seni. (5) Tidak sekadar itu, kertas lontar siap diberi “isi”, yaitu naskah susastra karya pujangga keratin dan ajaran hindu. (6) Para ajaran keagamaan diatas kertas lontar. (7) Aksara yang mereka torehkan pun bervariasi mulai dari huruf jawa kuna, jawi, hingga pegon.

Kalimat yang menyebabkan ketidakpaduan ide paragraf pertama adalah …

  • A. Kalimat (3)
  • B. Kalimat (4)
  • C. Kalimat (5)
  • D. Kalimat (6)
  • E. Kalimat (7)

Bahasa Inggris

Subtes yang kelima adalah bahasa Inggris. Walaupun awalnya subtes ini diujikan bersama dengan Pengetahuan dan Pemahaman Umum atau Pemahaman Bacaan dan Menulis.

Dalam subtes ini, kamu disajikan teks yang perlu kamu jawab seperti halnya model subtes lainnya.

Tentu saja pemahaman kamu akan kosakata bahasa Inggris akan sangat membantu dalam menjawab soal ini.

Jumlah soal bahasa Inggris pada UTBK adalah 8 – 11 soal.

Contoh soal bahasa Inggris

Guerrilla marketing is a new marketing tactic. It uses surprise and/or unconventional interactions in promoting a product or service. Guerrilla marketing emphasizes personal interaction. It has a smaller budget. It also focuses on smaller groups of promoters. In guerrilla marketing. Companies rely on in-your-face promotions. There are done through viral marketing or word-of-mouth. The purpose is to reach a broader audience for free. Connection to the emotions of a customer is key. The use of this tactic is often designed for more edgy product anf younger consumers. Guerrilla marketing may take place in public places. Some examples are streets, concerts, parks, festivals, beaches, and shopping center. One key element of guerilla marketing os choosing the right time and place to conduct a campaign. This is important to avoid potential legal issues,

Adapted from https://www.investopedia.com/terms/g/guerrilla-marketing.asp

The underlined word ‘edgy’ in the passage means …

  • A. Conventional
  • B. Prestigious
  • C. Innovative
  • D. Expensive
  • E. Simple

Nah, itulah lima jenis soal TPS UTBK yang perlu kamu pahami agar memperoleh nilai tinggi.

Apa yang harus dilakukan untuk mendapatkkan skor tinggi TPS UTBK ? Intinya sih perbanyak latihan. Apakah dari Try out atau buku soal misalnya.

Apakah perlu bimbel ? Tergantung kesanggupan biaya dan waktu kamu, bimbel juga bagus buat bantu persiapan kamu menghadapi UTBK.

Selamat berjuang ya ~ 

What do you think?

Written by Sandi

Admin ganteng website UTBK SBMPTN ID. Makanan kesukaannya adalah bakso aci.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

skor utbk kecil jangan sedih

Skor UTBK kecil? Lakukan Strategi Ini Agar Lolos SBMPTN!

menaklukkan soal UTBK

5 Trik Tepat Sasaran dalam Menaklukan Soal UTBK SBMPTN