in

Mengenal Bahasa Panda UTBK Yang Katanya Bikin Ribet

mengenal apa itu bahasa panda utbk
Bahasa panda UTBK jangan dibikin ribet. Gausah pusing. Semua ada caranya. Semua ada jawabannya. Sudah belajar bahasa panda UTBK ?

Pernah ngerjain soal bahasa panda UTBK ? Contoh soalnya kayak begini :

  1. Perhatikan data bahasa hipotesis berikut :

Xinche − singa, seekor singa

Xincheon − banyak singa

Ya?bren − anak buaya, seekor anak buaya

Xinche qyabreno gxuck − singa membenci anak buaya

Berdasarkan data diatas, bagaimana cara mengatakan ‘anak buaya membenci singa’ dengan menggunakan bahasa tersebut?

A. Ya?bren qxincheo gxuck

B. Gxuck ya?breno qxinche

C. Ya?breno qgxuck xinche

D. Xinche qya?breno gxuck

E. Ya?bren qgxucko xinche

2. Perhatikan data bahasa hipotesis berikut :

o?gwen – panda, seekor panda

bar?ik – anak muda, seorang anak muda

o?gwenz – banyak panda

o?gwen nbar?iki ngik – anak muda menyukai panda

Berdasarkan data diatas, bagaimana cara mengatakan ‘panda menyukai anak muda’ dengan menggunakan bahasa tersebut?

A. Ngik no?gwen bar?ik

B. No?gwen ngik bar?ik

C, Ngik bar?ik o?gwen

D. Bar?ik no?gweni ngik

E. No?gwen bar?ik ngik

Menurut kamu, jawabannya apa nih ?

Ayo kita kuasai juga bahasa Pandahttps://exame.utbksbmptn.id/

Mengenal bahasa panda UTBK yang sempat viral ( sekarang sih harusnya sudah ngga ya )

Beberapa waktu lalu, bahasa panda yang jadi salah satu bentuk soal dalam UTBK SBMPTN ini sempat jadi perbincangan hangat di Twitter. Orang – orang pada heboh betul, kayak ketemu apa gitu yang ga pernah dilihat.

Padahal ya tipe soal seperti bahasa panda UTBK ini sih gampang – gampang aja

Sebenarnya, bahasa panda adalah bagian dari ilmu yang dikenal dengan ilmu kriptografi. Istilah kriptografi ini berasal dari dua kata Yunani, yaitu kryptos yang berarti tersembunyi dan graphein yang berarti menulis.

Baca juga :

Berdasarkan perpaduan dua kata tersebut, bisa diartikan pula bahwa kriptografi merupakan ilmu yang mempelajari seluk beluk teknik matematika dan seni yang digunakan untuk kepentingan menjaga rahasia data serta keamanan suatu informasi tertentu.

Bentuknya berupa tulisan maupun kata. Kita menyebutnya jadi bahasa panda UTBK, padahal ya ga harus Panda, kambing juga boleh, hehe.

Ada sejarahnya sih kenapa disebut bahasa panda

Uniknya, tulisan yang dimaksud akan dibuat dalam bentuk aneh. Akan tetapi, di balik setiap keanehan tersebut mengandung makna tersendiri. Jadi bisa dikatakan bahwa, kriptografi merupakan ilmu persandian.

Trik jitu mengerjakan soal bahasa panda UTBK

Tak menutup kemungkinan jika di tes mendatang, soal berbentuk bahasa panda UTBK muncul kembali.

Apalagi saat ini, mata pelajaran matematika telah dihapus dari daftar Tes Kompetensi Akademik SOSHUM. Pasalnya, lembaga terkait menyatakan bahwa, tipe soal matematis yang ada pada Tes Potensi Skolastik dianggap cukup mampu dalam hal mengukur tingkat penalaran calon mahasiswa.

Dengan begitu, kamu tak perlu lagi susah payah mempelajari berbagai bentuk contoh soal UTBK untuk Matematika SOSHUM. Tentu seharusnya kamu bisa mendapatkan nilai UTBK yang lebih tinggi.

Buat Yang Serius Mau eBook Soal UTBK

eBook akan kami kirimkan jika data diri kamu sudah tepat

Meski dikenal memiliki tingkat keanehan dan kesulitan yang cukup berbeda, pada dasarnya bahasa panda UTBK ini hanya menuntut kamu untuk berpikir lebih cepat sekaligus kreatif saat membaca pola kok. Bener deh.

Oleh sebab itu, hal pertama yang patut dilakukan adalah menguraikan terlebih dulu bahasa aneh yang terdapat pada soal.

Ketika kamu berhasil, maka langkah selanjutnya adalah mencari pola terkait.

Nah, cara melihat pola tersebut adalah dengan melihat tiap kata yang sama, melainkan memiliki arti berbeda. biasanya, dalam tiap istilah kata aneh tersebut mengandung sub kata yang sama.

Jadi, jika kamu menemukan sub kata yang sama, kamu bisa mencari arti dari kata-kata yang dimaksud. Meski kata-kata yang ditemukan terbilang aneh, kamu tetap bisa mengetahui artinya dengan membaca pola sebelumnya.

Baca juga:

Selain itu, saat kamu sedang mengerjakan soal bahasa panda UTBK tak perlu menerjemahkan seluruh bahasa aneh tersebut. Cukup lakukan saja metode eliminasi jawab.

Dengan kata lain, selain melihat soal yang tercantum, kamu juga harus meneliti dengan seksama tiap opsi jawaban yang ditawarkan. Dengan demikian, kamu tak harus terpaku terlalu lama demi mencari arti dari kata-kata tersebut.

Kita coba jawab contoh soal yang tadi itu ya

Pembahasan nomor 1 bahasa panda UTBK

xinche – singa, seekor singa

xincheon – banyak singa

ya?bren – anak buaya, seekor anak buaya

xinche qyabreno qxuck – singa membenci anak buaya

Biar lebih jelas

Jadi, dengan melihat langkah nomor (2), cara mengatakan ‘anak buaya membenci singa’ dengan menggunakan Bahasa tersebut, yakni A: ya?bren qxincheo gxuck

Pembahasan nomor 2 bahasa panda UTBK

Pembahasan:

Perhatikan data bahasa hipotesis berikut:

o?gwen –    panda, seekor panda

bar?ik –    anak muda, seorang anak muda

o?gwenz –    banyak panda

o?gwen nbar?iki ngik –    anak muda menyukai panda

Coba kita runut ked alam bahasa Indonesia

anak muda (S)menyukasi (P) panda (O) →nbar?iki (S) ngik (P) o?gwen (O)

(S) – (P) – (O) diubah menjadi (O) – (S) – (P).

Polanya, subjek dan objek ditukar kemudian ditutup oleh predikat.

o?gwen (3panda) nbar?iki (1 anak muda) ngik (2 menyukai).

Perhatikan tabel berikut.

Makin mudah ga

Gimana, susah mudah kan ? 🙁

Mudah ataupun susah buat kamu, tentu bukan halangan kalau kamu sudah persiapan dengan baik untuk menghadapi UTBK. Semangat-semangat !

What do you think?

Written by Sandi

Admin ganteng website UTBK SBMPTN ID. Makanan kesukaannya adalah bakso aci.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

5 Jurusan SOSHUM Paling Diminati Di UTBK SBMPTN 2021

persiapan belajar untuk utbk

Bagaimana cara mulai belajar untuk UTBK SBMPTN?